Nova Ardian, Cerita Pelaku UKM yang Kebingungan Ngabisin Stock di Gudang s.d Laris Manis

07.04

Halo, saya Nova... 




Kegiatan saya sejak akhir 2012 adalah import boneka2 dari China langsung
dan menjualnya sepenuhnya hanya dari online. 

Salah satu web jualan saya adalah (www.griyaunyu.com).


Selama ini, saya tidak pernah menggunakan FB Ads
karena produk-produk unggulan saya Alhamdulillah.. 
sudah nangkring di page 1 (bahkan rank 1) Google
Sehingga saya kurang tertarik dalam menggunakan FB Ads. 
Padahal potensinya sangatlah besar...

Singkat cerita, saat saya belanja regular ke China pada April tahun lalu, 
salah satu barang yang saya kulak adalah Boneka Barbie Frozen. 
Karena menurut pengamatan saya “demam Frozen” masih sangat wow di Indonesia. 

Dan Alhamdulillah, saat barang datang sebulan kemudian, 
saya langsung memasarkan dan penjualannya pun sangat memuaskan.
Berkaca dari penjualan yang bagus tersebut, 
maka saya pun berani untuk kulakan lagi Boneka Frozen. 
Tapi ternyata setelah boneka frozen Kloter 2 ini datamg, penjualannya lesu. 

Jika saya analisa, faktornya tentu karena
demam Frozen yang sudah menurun. 
Frozen ditayangkan tahun 2013, bayangkan sudah 2 tahun 

smile emoticonfrown emoticon"Akhirnya, singkat cerita (lagi), ketemulah saya dengan InsightZilla...."smile emoticonsmile emoticon

Tutorial Penggunaan InsightZilla: insightzilla.com/preview/

Nah, untuk habiskan stok boneka Frozen tsb, 
saya mulai tertarik menggunakan FB ads, 
dengan teori interestnya adalah Frozen. 



Saya pun coba membuat iklan, dan hasilnya pun lumayan, 
tapi stok masih sangat banyak. 
Saya bingung mau diapakan lagi Fb ads nya karena tidak bisa nemukan interest yang lain.. 

Saya lihat review2 dari beberapa sumber, 
dan akhirnya saya putuskan untuk membeli tool tersebut. 
Dan setelah bisa saya akses, saya coba masukkan interest Frozen, 
maka keluarlah interest2 dan page related yang selama ini benar2 tidak melintas di kepala saya. 
Keren!!! Contohnya; Anna (Disney), Elsa (Disney), Olaf (Disney), Frozen Fever, dst.



Saya pun coba membuat Fanpage toko baru (www.facebook.com/bonekalucuku1
dengan kontak yang berbeda dengan toko saya yang GriyaUnyu. 
Hal ini dilakukan agar bisa melihat seberapa efektif Fb ads yang dilakukan, 
dilihat dari hal-hal real, seperti berapa yang invite bbm/ tanya2 di WA, 
seberapa banyak penjualannya, dst.

Terkait dengan boneka Frozen tadi, tadi siang (3 Maret).. 
saya pun membuat iklan boneka Frozen dengan interest2 yang baru saya temukan tadi. 
Modal iklan coba 100rb per hari, tapi baru spent 60rb, 
Hasilnya Alhamdulillah, insyaAllah besok kirim 30 boneka Frozen. 
Ini masih ada beberapa yang invite, tapi saya confirm besok saja.

Hitungan kasar, untung @20rb x 30= 600rb. 
Untung 600rb dari 1 produk dalam 1 hari. 
Mungkin bagi para mastah itu recehan ya, 
tapi bagi saya itu sudah Alhamdulillah banget 
 Karena dulu saya jadi karyawan kontrak, 
gajinya “Cuma” 4jutaan sebulan, 
which is dapet 100rb an sehari ya hehe.


Berikut saya coba share, results ads yang masih berjalan
-----
Tandas beliau..., Berita UKMTerkini, Beliau melanjutkan dilain kesempatan...

Boleh percaya boleh tidak, tulisan ini saya buat jam 12 malam. 
Karena setelah shalat Isya, saya langsung nyicil 
mbungkusi puluhan order boneka Frozen untuk dikirim keesokan harinya. 
Jika tidak dicicil mbungkusi malam hari, 
esok harinya saya akan keteteran karena saya tidak hanya jualan boneka Frozen. 
Pagi jam 8 kirim ke JNE sekitar 20 Frozen. 
Siang setelah shalat dhuhur kirim lagi 20an Frozen.
Foto yang saya upload berikut adalah sebagian boneka Frozen 
yang sudah kami packing dan siap kirim ke JNE.

Mbungkusi barang seperti Frozen itu ribet, karena harus ukur kardus dulu, 
motongi kardus , baru dilapisi plastik luar. 
Karena jika tidak dilapisi kardus akan penyok. 
Tidak seperti saat mbungkusi boneka biasa yang cukup diplastik saja 
karena tidak akan penyok saat dilempar-lempar.
Lanjut, pada kesempatan ini saya akan melanjutkan sharing tentang 
beberapa pengalaman yang saya temukan dan detail Iklan yang saya terapkan: 

1. Budget awal saya setting Rp 100rb/ hari, namun setelah iklan berjalan, 
yang invite bbm, chat di WA, dan message di Fanpage datang dengan membabi-buta, 
bener2 bikin kewalahan menghadapinya. 
Maka kemudian saya ubah menjadi Rp 60rb/ hari. Hasilnya, 
yang invite tetap banyak, namun tidak terlalu kewalahan menghadapinya. 
Kenapa tidak 20rb/ hari saja? Ya tentu jangkauan audiencenya akan sedikit, 
padahal saya dalam posisi kejar tayang.



2. Lokasi awal saya setting seluruh Indonesia, 
namun setelah iklan berjalan,banyak dari mereka yang 
domisili di luar Jawa akhirnya tidak jadi beli karena ongkir yang mahal. 
Saya pun mengubah lokasinya menjadi Jawa saja. 
Alhamdulillah, dari hampir semua yang invite/chat/ message akhirnya beli, 
bahkan banyak yang mborong.

3. Relationship awalnya saya setting Women saja ( baik Single maupun Married), 
tapi setelah saya pikir2, boneka Frozen cenderungnya akan dibeli oleh 
seorang ibu untuk diberikan kepada anaknya. 
Sehingga setting saya ubah menjadi women married.

4. Placement saya pilih Mobile dan Desktop saja.
Finally, saat tulisan ini saya buat, 
selama 3 Maret – 8 Maret ini telah terjual sekitar 200an Boneka Frozen, 
dari 300 sisa stok yang ada. Hitungan laba kasar: 200pcs x @ Rp 20rb = Rp 4jt. 
Iklan Rp400rb-an.
 So,modal kembali dan tentu saja laba 3,6jt dari 1 produk selama 6 hari masa iklan. 
Alhamdulilah banget karena awalnya sudah putus asa, mau diapakan ini barang segitu banyaknya 
Saya sangat bersyukur telah memanfaatkan  Insightzilla dengan baik 
dan membuka mata saya tentang potensi FB Ads yang selama ini tidak saya gunakan. 

Dan Ssssttttt… Gara2 “percobaan” yang laris manis ini, 
maka saya malah mau KULAKAN LAGI Boneka Frozen dari China! 
Dari awalnya bingung habisin stok, malah sekarang kulakan lagi. 
Yach mau gimana lagi, prospek masih terbuka lebar. Jadi ya sikat aja! Bismillah!



Akhir kata, demikian sharing dari saya, semoga bermanfaat. 
Semoga bisa sharing lagi dengan produk yang berbeda di lain kesempatan.

Tutup Beliau, saat diliput BeritaUKMTerkini



P.S: Saat ini InsightZilla sudah versi 4.0, lebih powerfull lagi! cek di InsightZilla.com




Reportase Capture 1 April 2016:




You Might Also Like

7 komentar

  1. Sungguh menginspirasi oom,,,,

    Mampir dimari y www.ukarishop.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Sukses selalu mas :)
    Ini Fanspage usaha saya :
    Bit.ly/omnickydesain
    Instagram : @omnicky_r1
    Email : arialmedia.official@gmail.com
    BBM : 2AE44AB5

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah..

    www.paqupintar.com

    BalasHapus
  4. dapat barangnya dari situs apa ya? terima kasih

    BalasHapus